Pengertian Remote Desktop
pengertian remote desktop

Sobat Teknowrap pasti ada yang pernah mendengar tentang remote desktop.

Ya, remote desktop adalah salah satu fitur dari sistem operasi Windows yang memungkinkan kita untuk mengendalikan komputer lain yang terhubung dengan jaringan atau network.

Pada artikel ini, Teknowrap akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian remote desktop dan bagaimana cara menggunakannya secara gamblang.

Pengertian Remote Desktop

Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Windows, yaitu dimulai dari Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, sampai Windows 7 dan 8 yang mengijinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan.

Jadi sesuai dengan penjelasan di awal, dengan remote desktop, kita dapat membuka “desktop” komputer lain seolah-olah kita sedang di depan komputer tersebut.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Remote Desktop?

Jika sobat bertanya tentang apa yang bisa dilakukan dengan remote desktop, tentunya banyak hal yang dapat dilakukan, karena dengan remote desktop ini kita dapat mengendalikan komputer lain secara penuh.

Dengan remote desktop ini kita bisa menginstall software, menghapus file, melakukan konfigurasi terhadap jaringan, bahkan melakukan shutdown terhadap komputer yang sedang dikendalikan.

pengertian remote desktopRemote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP) yang secara default berjalan di TCP port 3389.

Untuk mengaktifkan fitur remote desktop pada sistem operasi Windows 7, anda dapat melakukan klik kanan terhadap My Computer, masuk ke Remote Settings, dan pada tab Remote berikan tanda centang di Allow Remote Asistance connections to this computer.

Semoga bermanfaat.

About

Teknowrap adalah website yang menyediakan berita dan informasi teknologi terkini. Dapatkan informasi terupdate, review aplikasi, smartphone, dan games

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>